Rabu, 01 Juli 2009

ABSTRAK

Kata Pengantar

Assalamualaikum Wr.Wb.
Tiada kata seindah alhamdulillah untuk mengungkapkan rasa syukur atas kehadirat alloh swt karena limpahan karunia, taufik dan hidayah-Nya sehingga karya ilmiah ini dapat terselesaikan untuk memenuhi tugas bahasa Indonesia.
Di sini saya mencoba untuk mengupas masalah eksistensi kurikulum secar global mencakup aspek-aspek dan dimensi kurikulum dalam pendidikan yang sangat luas, karena eksistensi kurikulum berkaitan erat dengan dinamika dalam sebuah pendidikan. Mengingat penulisan karya ilmiah ini masih jauh dari kata sempurna dan tentu saja masih ditemukan banyak kelemahan dan kekurangan oleh karena itu saya pribadi sangat mengharapkan kritik, saran dan bimbingan yang yang bersifat membangun dari para pembaca demi kesempurnaan karya ilmiah yang berikutnya.
Semoga dengan karya ilmiah ini bisa memperkaya khasanah keilmuan dan pengetahuan tentang pendidikan kepada saya khususnya dan publik pada umumnya. Akhir kata apabila ada kesalahan dalam karya ilmiah ini saya mohon maaf yang sabesar-besarnya dan juga saya ucapkan banyak terima kasih atas semua partisipasinya.
Wassalamualaikum Wr.Wb.




Malang, 30 Desember 2008

PETA KONSEP

Eksistensi Kurikulum Dalam Pendidikan


Kemajuan IPTEK


Pendidikan di Indonesia Mutu Tenaga Pengajar

Wajib Belajar 9 tahun Minat Peserta Didik

Progam BOS UU RI SISDIKNAS BAB X 36 ayat 2


Peranan Kurikulum

Perkembangan Kurikulum


Kurikulum yang Cocok Ada atau tidak ?.....


Sebenarnya bagaimanakah keberadaan kurikulum di Indonesia? pertayaan ini muncul karena kebayakan orang tidak tahu menahu tentang kurikulum yang digunakan di Indonesia. sebenarnya kita semua sudah tahu bahwa perkembangan IPTEK sudah semakin pesat, mampukah pendidikan di Indonesia yang mutu tenaga pengajar masih dipertanyakan untuk menghadapi semua tantngan itu.Disini pemerintah sudah mencanangkan program wajib belajar 9 tahun dan juga program BOS yang dialokasikan untuk pendidikan gratis. Tapi apakah semua itu mampu membentuk dan melahirkan output peserta didik yang berkualitas. Maka dari itu perlu kita perjelas keberadaan kurikulum di Indonesia karena kurikulum merupakan suatu mesin yang harus digerakkan dengan benar supaya arahnya jelas, yang akan membawa pendidikan kita kearah yang lebih baik UU RI tentang SISDIKNAS BAB X, pasal 36, ayat 2 berbunyi : kurikulum pada semua jenjang dan jenis pendidikan dikembangkan dingan prinsip diversifikasi sesuai dengan satuan pendidikan, potensi daerah dan peserta didik. Tapi apakah pasal ini sudah benar-benar diterapkan dilingkungan sekolah. benarkah opini masyarakat yang mengatakan bahwa kurikulum itu ada tetapi seperti tidak ada.karena banyak tenaga pengajar yang tidak mengikuti kurikulum yang ada tetapi tetap bersikuku dengan teori mereka sendiri karena mereka juga bingung dengan pergantian kurikulum yang terlalu sering. Kurikulum seperti apa yang sebenarnya cocok untuk dikonsumsi masyarakat Inadonesia?





DAFTAR ISI


KATA PENGANTAR ....................................................................................... ii
PETA KONSEP ................................................................................................. ii
DAFTAR ISI ..................................................................................................... iii

BAB I
PENDAHULUAN ............................................................................................. 1
1.1 Latar Belakang ..................................................................................... 1
1.2 Tujuan ................................................................................................... 1
1.3 Manfaat ................................................................................................. 1
1.4 Hipotesis .............................................................................................. 2

BAB II
ISI....................................................................................................................... 2
2.1 Hakekat kurikulum.................................................................................. 2
2.2 Peranan kurikulum ................................................................................. 3
2.3 Fungsi kurikulum .................................................................................. 3
2.4 Dinamika kurikulum .............................................................................. 4
2.5 Implikasi dasar falsafah pendidikan bagi penyusunan kurikulum ........ 13

BAB III
PEMECAHAN MASALAH
3.1 Problem solving dari Dinamika Kurikulum ........................................ 13

BAB IV
PENUTUP ..................................................................................................... 14
4.1 Kesimpulan ....................................................................................... 14
4.2 Saran ................................................................................................ 14
DAFTAR PUSTAKA .................................................................................. 15




Di era gloalisasi sekarang ini kita tahu bahwa semuanya butuh serba cepat dan instant.

Tidak ada komentar: